Login

Sejarah Universitas Wahidiyah

Proses Pendidikan Wahidiyah tidak dapat dilepaskan dari gerak perkembangan Perjuangan Wahidiyah dan sejarah Pondok Pesantren Kedunglo itu sendiri, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Bingkai Kanjeng Romo - 178x250.png

Pondok Pesantren Kedunglo didirikan tahun 1901 oleh Mbah KH. Mohammad Ma’roef RA dengan segala fasilitas pendidikan yang dimiliki, kemudian dikembangkan oleh Mbah KH. Abdul Madjid Ma’roef QS wa RA Muallif Shalawat Wahidiyah, dengan berdirinya SMP dan SMA Wahidiyah, di tahun 1981.

Sepeninggal Mbah KH. Abdul Madjid Ma’roef QS wa RA pada tahun 1989, kepemimpinan Pondok Pesantren Kedunglo diteruskan oleh Hadrotul Mukarrom Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA. Untuk mengelola dan mengembangkan Pondok Pesantren, pada tahun 1998, Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA mendirikan yayasan bernama Yayasan Perjuangan Wahidiyah dan Pondok Pesantren Kedunglo dengan Akta Notaris No. 05, Tahun 1997, TBN. Nomor: 1/AD/1998, BN. No. 1/98. Di bawah yayasan ini, terdapat Departemen Pendidikan yang menaungi seluruh aktivitas pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Kedunglo, mulai dari jenjang TK/TPA hingga Perguruan Tinggi.

Menyadari betapa keberadaan lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mencetak pejuang-pejuang yang handal dalam segala bidang, serta untuk menampung anak-anak lulusan (output) SMA Wahidiyah yang  tersebar di daerah-daerah, maka pada tahun 1998 dirintislah pendirian Sekolah Tinggi Wahidiyah. Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor: 158/D/O/1998, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wahidiyah dengan dua Program Studi; Akuntansi dan Manajemen, berdiri pada tahun tersebut.

 Setelah berdirinya STIE Wahidiyah, animo pengamal untuk kuliah di Kedunglo cukup besar. Para pengamal dan simpatisan Wahidiyah dari penjuru tanah air mulai berduyun-duyun ingin menimba ilmu di STIE Wahidiyah. Hingga sejak awal berdirinya sampai dengan tahun 2014, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wahidiyah telah meluluskan XIII (tiga belas) angkatan dengan jumlah lulusan kurang lebih 500 orang, dan telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat, baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Pada tahun 2002, Yayasan Perjuangan Wahidiyah kembali merintis Sekolah Tinggi. Kali ini, Sekolah Tinggi yang didirikan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Wahidiyah. Dan pada tahun 2008, STIS Wahidiyah mendapatkan SK Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj./I/1201/2008. Dan SK BAN-PT Nomor: 024/SK/BAN-PT/AK-XV/S/I/2013, untuk menyelenggarakan Program Studi Akhwal Al Syakhshiyah. Para lulusan STIS Wahidiyah, kini telah mendedikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat luas.

Usaha untuk mengembangkan Perguruan Tinggi yang berbasis pada keilmuan, ke-Islaman, dan ke-Pesantrenan terus dilakukan. Hal ini dikarenakan makin pesatnya perkembangan jumlah pengamal di daerah-daerah yang diikuti banyaknya anak-anak pengamal usia sekolah. Maka dibutuhkan segera lembaga pendidikan untuk menampung dan menyalurkan bakat-bakat brilian mereka.

Dan alhamdulillah, bifadlillah, dengan fadlol Allah, syafaat tarbiyah Rosululloh SAW, nadhroh Ghoutsu Hadzaz Zaman RA, serta bimbingan dan doa restu Hadrotul Mukarrom Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA Pengasuh Perjuangan Wahidiyah, pada tahun 2014 terjadi lompatan besar. STIE dan STIS Wahidiyah bermetamorfosis menjadi Universitas Wahidiyah.

Berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 608/E/O/2014, tertanggal 17 Oktober 2014, Yayasan Perjuangan Wahidiyah dan Pondok Pesantren Kedunglo mendapatkan ijin penyelenggaraan program-program studi dan Pendirian Universitas Wahidiyah, yang selanjutnya disingkat UNIWA Kediri.

Bingkai Kanjeng Romo - 178x250.png

Universitas Wahidiyah atau UNIWA adalah Perguruan Tinggi Swasta di Kediri yang memiliki 5 Fakultas 14 Program Studi, masing-masing: Fakultas Ekonomi, Program Studi S-1; Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi S-1; Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Teknik, Program Studi S-1; Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknil Mesin dan Teknik Sipil, Fakultas Pertanian, Program Studi S-1; Agribisnis dan Agroteknologi, Fakultas Kesehatan, Program Studi D-3; Keperawatan dan Kebidanan. Sementara itu, Program Studi S-1 Akhwal Al Syakhsiyah (STAI) masih dalam proses menjadi Fakultas Agama. Akan tetapi dalam praktek pengelolaannya saat ini, menginduk pada manajemen Universitas Wahidiyah.

Pada tanggal 23 Maret 2015 diadakan ‘Lounching’, peresmian berdirinya Universitas Wahidiyah oleh Hadrotul Mukarrom Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA, Pengasuh Perjuangan Wahidiyah yang dihadiri oleh para Ketua PW, Ketua Departemen Pendidikan Wahidiyah Daerah dan tokoh-tokoh Wahidiyah se-Jawa dan Bali.

Pada tanggal 17 Oktober 2015, Universitas Wahidiyah mengadakan milad (ulang tahun) pertama, yang dimeriahkan dengan berbagai acara. Mulai dari karnaval yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan sivitas Akademika UNIWA, hingga pertandingan sepak bola persahabatan antara mahasiwa UNIWA dengan UNISKA (Universitas Islam Kadiri) Kediri.

Di bawah kepemimpinan Hadrotul Mukarrom Kanjeng Romo KH. Abdul Latif Madjid RA, perkembangan Pendidikan Wahidiyah dari hari ke hari kian bertambah maju. Demikian juga Universitas Wahidiyah. Perguruan Tinggi di Kediri dengan Program Studi yang cukup komplit ini telah melebarkan sayapnya dengan mengadakan kerjasama-kerjasama lokal maupun regional. Baik dengan sesama perguruan tinggi, dengan instansi-instansi pemerintah, rumah sakit-rumah sakit, BLK, UKM, maupun koperasi-koperasi yang berada di bawah naungan Perjuangan Wahidiyah. Dan yang terbaru, adalah kerjasama antara UNIWA dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, di bawah naungan Yayasan Perjuangan Wahidiyah dan Pondok Pesantren Kedunglo.

 

Share it now!

Proses Pendidikan Wahidiyah tidak dapat dilepaskan dari gerak perkembangan Perjuangan Wahidiyah dan sejarah Pondok Pesantren Kedunglo itu sendiri, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Bingkai Kanjeng Romo - 178x250.png

Pondok Pesantren Kedunglo didirikan tahun 1901 oleh Mbah KH." data-share-imageurl="">

 

 


Copyright © Universitas Wahidiyah 2018. All right reserved.

Mojoroto, Kediri 64114 | email: rektorat@uniwa.ac.id, Phone(0354) 774511, 771018

Credit Sites | Copyrights | Legal | WebMail